Berkat Dana Desa, 30 Hektar Lahan Tidur di Pakuku Jaya jadi Sumber Ekonomi

c254a53d-7981-441e-ac98-e5358a5877e2
Lokasi lahan tidur di Desa Pakuku Jaya, Kecamatan Tomini dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat untuk dijadikan sumber pandapatan ekonomi, Minggu (17/01). Foto : Istimewa

KORDINAT.IDPemerintah Desa (Pemdes) Pakuku Jaya mengalokasikan dana desa untuk memanfaatkan 30 hektar lahan tidur di desa itu guna menjadi sumber pandapatan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Pjs Sangadi Pakuku Jaya, Abidin  Patilima, mengatakan untuk memudahkan pengelolaan lahan tidur sebanyak 30 hektar itu pihaknya kemudian membentuk kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

84bd1ca6-1bd4-4343-9c7d-bb9f13350d

Advertisement

“Kami bentuk dua kelompok UMKM supaya lebih mudah, yakni UMKM karya bakti bukit hijau dan wanita tani KWT paber,” ujar Abidin.

Ia menjelaskan, setiap kelompok UMKM itu diberi kewenangan untuk mengelola 15 hektar lahan tidur. Kata Abidin, setiap kelompok tersebut memiliki 10 anggota.

Advertisement

“Yang akan mereka kelola di lahan tidur ini adalah tanaman bulanan berupa: rica, pisang dan bawang,” ujar Abidin yang juga Camat Tomini tersebut.

Ia berharap, dengan adanya program pemulihan ekonomi masyarakat ini bisa kemudian dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga dengan demikian, meski dalam situasi pandemi Covid-19 ekonomi masyarakat akan tetap tumbuh.

Advertorial/Fendri

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati Iskandar Kamaru Buka Festival Pangan Lokal

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru didampingi Wakil Bupati Deddy Abdul …