Pemdes Botuliodu Ikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

53baa92a-7d27-4f14-bb0b-ec739a8f30bc
Pemerintah Desa Botuliodu bersama Bupati Bolsel H iskandar Kamaru dan jajaran Pemerintah Daerah serta Camat Tomini Abidin Patilima saat pelaksaan Bimtek PBJ. Foto : Istimewa

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Botuliodu, Kecamatan Tomini, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Tahun 2021.

Bimtek tersebut dibuka langsung Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru. Diikuti seluruh Desa Se-Kabupaten Bolsel, Senin (06/12), berlangsung di Hotel Swiss Bell Manado.

Kepala Dinas PMD Ekafrie Van Gobel melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Darwis Hasan, mengatakan bimtek PBJ yang dilakasanakan sesuai dengan Permendes 7 tahun 2021 tentang program prioritas tahun 2022 bahwa Dana Desa dilaksanakan secara swakelola. Dalam pelaksanaan swakelola desa dapat mengadakan pengadaan barang dan jasa.

Advertisement

Selanjutnya, Darwis menjelaskan, dalam rangka pelaksanaanya maka Kepala Desa, Perangkat dan TPK perlu dilakukan bimtek terkait tata cara pelaksanaannya di Desa.

“Untuk itu telah diatur dalam peraturan LKPP No 12 tahun 2019 tentang pedoman pengadaan barang jasa di Desa. Serta Peraturan Bupati 45 2021 tentang tata cara pengadaan barang jasa di Desa,” jelas Darwis Hasan.

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut dibagi dalam dua gelombang, mulai dari tanggal 5 – 9 Desember

Advertisement

“Gelombang satu Kecamatan Posigadan, Tomini dan Helumo. Sementara Gelombang dua Kecamatan Bolaang Uki, Pinolosian, Pinolosian Timur dan Pinolosian Tengah,” ungkapnya.

Senada disampaikan Camat Tomini Abidin Patilima, Bimtek PBJ yang dilaksanakan manfaatnya banyak bagi Pemerintah Desa. Dimana dalam pengadaan barang dan jasa harus memperhatikan kaidah-kaidah pengadaan.

“Saya berharap aparat desa di wilayah Kecamatan Tomini khususnya dapat mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh,” ujar Abidin Patilima.

Sementara itu, Kepala Desa (Sangadi) Botuliodu Hitler Gintulangi, mengungkapkan kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat. Melalui hal-hal seperti ini bisa meningkatkan pehaman bagi aparatur desa.

“Ada hal-hal yang belum diketahui, tapi dengan adanya kegiatan ini alhamdulillah sudah di ketahui. Harapan saya kepada aparat yang mengikuti bimtek, kiranya bisa dapat mingkatkan pengetahuan baik dalam pemerintahan atau pengadaan barang dan jasa,” tutup Hitler.

Advertorial/Adr

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Senang Berbagi bersama Warga, Wenny Lumentut Jagoan Sulut ke-Senayan

KORDINAT.ID – Politisi PDI-Perjuangan Wenny Lumentut menjadi salah satu jagoan di dapil Sulawesi Utara (Sulut) …