Bupati Iskandar: Coaching Clinic SIPD Upaya Penyesuaian Regulasi

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, mengatakan kegiatan Coaching Clinic Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) 2021 adalah upaya pihaknya dalam rangka penyesuaian regulasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah. Agenda itu dilaksanakan di Manado, Selasa (16/2).

Bupati Iskandar, mengungkapkan bahwa seluruh daerah pada tahun 2021 sudah menggunakan aplikasi SIPD, baik itu menyangkut perencanaan maupun pengelolaan keuangan daerah. Katanya, hal tersebut dijelaskan dalam Permendagri Nomor 70 Tahun 2019, bahwa secara umum aplikasi SIPD ini memuat menu: E-Database SIPD, Perencanaan Pembangunan SIPD dan Dasboard Profil SIPD.

Advertisement

“Dalam tiga menu di atas itu, di dalamnya memuat informasi tentang: Informasi Pembangunan Daerah, Informasi LPPD, EPPD dan Produk Hukum Daerah,” ujar Iskandar, seraya mengharapkan kualitas data dan informasi agar terus ditingkatkan, sebab data yang valid sangat mempengaruhi proses perencanaan guna mewujudkan visi pasangan Berkah.

Ia mengatakan, sebelumnya pada tahun 2020, pihaknya telah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) SIPD terkait Keuangan Daerah yang di dalamnya meliputi: perencanaan anggaran daerah, pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan daerah, barang milik daerah dan keuangan daerah lainnya.

Advertisement

Bupati Iskandar, menambahkan pihaknya saat ini tengah mempermantap pemahaman dan implementasi aplikasi SIPD, terkait Pembangunan Daerah yang di dalamnya memuat: Dokumen RPJPD, Dokumen RPJMD, Dokumen RKPD, Restra, Renja dan Musrenbang (termasuk di dalamnya merupakan pokok-pokok pikiran DPRD).

Advertorial/Araj

 

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Serahkan DD dan ADD 2024

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid …