Masa Jabatan Iskandar-Deddy Fokus Lima Program Prioritas

KORDINAT.ID – Selama masa jabatan Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid periode 2021-2024 akan fokus pada 5 program prioritas.

“Program prioritas itu kan ada 11. Tetapi itu ditujukan untuk program 5 tahun RPJMD. Yang harus tuntas untuk 4 tahun itu adalah 5 program prioritas. Ini yang harus digaris bawahi selama kepemimpinan bupati terpilih,” ujar Kepala Bappelitbangda Bolsel, Harifin Matulu, seusai agenda Musrenbang RKPD Kabupaten Bolsel Tahun 2022, yang digelar di tempa wisata Tracking Mangrove Transpatoa, Kecamatan Helumo, Senin (29/3).

Harifin menjelaskan, adapun 5 prioritas tersebut di antaranya: Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dan kesehatan; Menurunkan angka kemiskinan; Meningkatkan ketahanan sosial dan ketahanan pangan; Meningkatkan sektor UMKM dan Peningkatan pembangunan infrastuktur berbasis lingkungan.

Advertisement

“Dari 5 prioritas ini nanti akan kita lihat mana prioritas yang harus kita utamakan. Jangan sampai kita salah. Nanti kita uji dan lihat lagi. Ini belum final. Sebab kita masih menunggu Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata Harifin.

Sementara itu, Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, mengatakan bahwa permasalahan pembangunan di daerah itu yang berkaitan dengan isu strategis di antaranya: angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, disparitas wilayah, infrastruktur, indeks pembangunan manusia, angka pengangguran terbuka, indeks ketahanan pangan, pertanian dan perikanan, energi, peningkatan kemampuan daya saing koperasi, UMKM dan industri, kerjasama daerah, komunikasi dan informatika, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

“Semua ini harus mampu dijawab dan dituntaskan dengan program yang benar-benar bersentuhan langsung dengan masyarakat dan menyelesaikan persoalan yang ada,” tegas Iskandar.

Advertisement

Iskandar menambahkan, kepala perangkat daerah supaya lebih serius dan benar-benar mencurahkan pikiran serta tenaganya dalam menyusun program atau kegiatan yang memberikan dampak positif untuk pembangunan daerah.

Aprie

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Limi Mokodompit Melantik 22 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

KORDINAT.ID – Penjabat (Pj) Bupati Limi Mokodompit melakukan Pelantikan/Pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama di …