Pencegahan Covid-19 dan Penanganan Stunting Jadi Prioritas Desa Molibagu

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), ikut andil dalam Pencegahan penyebaran Wabah Covid-19 dan penanganan stunting melalui Realisasi APBDes tahun 2021.

Sebelum adanya wabah Covid 19 atau yang lebih dikenal Virus Corona, penanganan stunting sudah menjadi isu Nasional dan menjadi fokus program Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel, melalui Dinas PMD untuk selalu memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sesuai dengan amanat UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa dan turunannya untuk kebutuhan masarakat, salah satunya Program Sosial Dasar (PSD).

Sangadi Molibagu Hamdan Manyo menyebutkan, ada dua program unggulan yang menjadi prioritas desa tolondadu saat ini. Yakni, penanganan virus corona dan Pelayanan Sosial Dasar seperti penanganan stunting.

Advertisement

“Kami mengalokasi anggaran susu balita, sebagai upaya pencegahan kekurangan asupan Gizi dalam 1000 hari kehidupan pertama atau yang lebih dikenal Stunting juga menjadi prioritas Kami,” ungkap Hamdan, Kamis 5 Agustus 2021.

Penanganan stunting kami wujudkan, dengan pembagian susu secara gratis, dan makanan tambahan bergizi kepada Ibu hamil, serta anak usia dibawah lima tahun.

Advertisement

“Kegiatan ini sebagai stimulan untuk mengajak masyarakat agar membudayakan hidup bersih dan menjaga pola makan agar terhindar dari Stunting,” terang Hamdan.

Senada Sekretaris Desa (Sekdes) Molibagu Karyawan Mansur mengatakan, PSD ini sesuai dengan hasil musyawarah desa, yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Ia, kami telah menyusun Anggaran dalam sub bidang kesehatan, yang disalurkan melalui kader posyandu,” singkat Mansur.

Advertorial/IWL

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Dituding Miring, Ini Klarifikasi Pihak PT. DIVAINDO Sulawesi Raya terkait Pembayaran Gaji dan THR

Kordinat.id – Belum lama ini PT. DIVAINDO Sulawesi Raya Gorontalo diduga mendapatkan tudingan miring dari …