Ramai Diperbincangkan, 222 Balon Pilsang di Bolmut Didominasi Kaum Muda

KORDINAT.ID  – Perhelatan bakal calon (Balon) pada pemilihan sangadi (Pilsang) di Bolmut, mulai hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Pemilihan yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2021 nanti, diketahui dilaksanakan oleh 72 Desa di Bolmut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Fadli Tadjuddin Usup, pada media mengatakan saat ini sudah 222 Balon dari 72 Desa yang telah mendaftar sebagai Balon di Pilsang nanti.

Advertisement

“Ketambahan 2 dari yang sebelumnya 220 Balon, kini sudah 222. Itu berdasarkan hasil rekapan dari Panitia Pilsang di Desa yang telah memasukkan daftar Balon”, ujar Fadli, sapaan akrabnya.

Dikatakannya dari 222 Balon yang telah mendaftar, rata-rata didominasi oleh kalangan muda. Hal tersebut berdasarkan data yang telah di rekap oleh Dinas PMD, berdasarkan laporan dari Panitia Pilsang di 72 Desa.

“Berdasarkan data yang ada, dari 222 bakal calon tersebut 55% didominasi oleh kalangan muda. Yakni usia dibawah 45 Tahun. Selebihnya 45 Tahun keatas”, kata Fadli.

Advertisement

Lebih lanjut, dari 72 Desa tersebut, masi ada beberapa Desa yang tengah memperpanjang masa penerimaan pendaftaran bakal calon. Hal tersebut dikarenakan pendaftar belum mencukupi kuoata.

“Masi ada 4 Desa yang tengah memperpanjang masa penerimaan pendaftaran bakal calon, yaitu Desa Komus I, Desa Jambusarang, Desa Pimpi dan Sangkub I. Masing-masing dari Desa tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat diakibatkan baru 1 pendaftar, namun informasi dari Panitia setempat, bahwa masi ada Balon yang sementara melengkapi berkas pendaftaran”, ungkapnya.

Selanjutnya, Fadli berharap kepada Panitia Pilsang di Desa agar tetap menjalankan tahapan Pilsang sesuai amanat perundang-undangan yang mengatur Pilkades atau Pilsang di Bolmut.

“Diharapkan kepada seluruh panitia Pilsang di Desa agar tetap mengikuti pedoman yang ada. Selanjutnya saya juga berharap bagi seluruh bakal calon, agar tetap memberikan edukasi yang baik kepada para pendukung agar persaudaraan tetap terjaga. Pilsang itu hal biasa, yang luar biasa adalah tetap menjaga persaudaraan”, tutup Fadli.

(SVG)

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Buka MTQ XXX, Iskandar Berharap Bolsel Bisa Tampil di Tingkat Nasional

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) …