Wujudkan Pengelolaan Dana Desa Lebih Baik, Pemdes Botuliodu Gelar Penyuluhan Hukum

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Botuliodu, Kecamtan Tomini, menyelenggarakan Penyuluhun Hukum yang di ikuti oleh Perangkat Desa dan Lembaga Desa serta Tokoh Masyarakat, Kamis (09/09), di Aula kantor Desa setempat.

Kepala Desa (Sangadi) Botuliodu, Hitler Gintulangi, mengatakan kegiatan adalah memberikan pengetahuan, pemahaman kepada aparat dan lembaga desa serta meningkatkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta masyarakat berbudaya dan cerdas hukum.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini semoga bisa mewujudkan pengelolaan dana desa lebih baik dan menumbuhkan kesadaran, pemahaman hukum tentang pengelolaan Anggaran  Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Advertisement

“Dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya membangun budaya sadar dan cerdas hukum dalam rangka menyelenggarakan program pemerintahan sesuai dengan dasar hukum yang berlaku,” ujar Hitler Gintulangi.

Selain itu, Hitler mengharapkan melalui kegiatan ini dapat merumuskan peran pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan desa semakin maju.

Advertisement

“Membentuk kesadaran hukum dalam masyarakat bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi membutuhkan usaha dan kerja keras serta kesadaran bersama untuk mewujudkannya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Tomini, Abidin Patilima, menjelaskan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat sangat penting, apalagi saat ini kejahatan yang paling dominan dilakukan adalah kekerasan rumah tangga dan kekerasan terhadap perempuan dan anak, shingga dibutuhkan penyuluhan oleh pihak penegak hukum

Lanjut Abidin, kejahatan yang lagi tren saat ini juga penyalahgunaan keuangan desa olehnya kegiatan seperti ini harus dilakukan diawal tahun agar didalam pelaksanaan nantinya sudah memperhatikan koridor aturan yang berlaku

‘Saya berharap pemerintah desa dan masyarakat harus mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” jelas Abidin Patilima.

Advertorial/Adr

 

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

15 Ribu KTP Telah Disiapkan, Pasangan IRIS Optimis Lolos Verifikasi Faktual Tahap 2

KORDINAT.ID – Pasangan bakal calon Bupati Bone Bolango Ismet Mile dan Risman Tolingguhu (IRIS) telah …