Sangadi Nunuka Raya Menilai Bimtek PBJ Tingkatkan SDM Pemdes

vh
Pemerintah Desa Pakuku Jaya bersama Bupati Bolsel H iskandar Kamaru dan jajaran Pemerintah Daerah serta Camat Tomini Abidin Patilima saat pelaksaan Bimtek PBJ. Foto : Istimewa

KORDINAT.ID – Kepala Desa (Sangadi) Nunuka Raya Yayan Kulati, Kecamatan Tomini, menilai Bimbingan Teknsi (Bimtek) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pengadaan PBJ secara professional.

“PBJ pada dasarnya adalah upaya pihak pengguna barang dan jasa untuk mendapatkan atau mewujudkan barng/jasa yang diinginkan dengan menggunakan metode dan proses tertentu agar dicapai kesepakatan tepat harga, kualitas (spesifikasi), kuantitas (volume), waktu, dan kesepakatan lainnya,” kata Yayan Kulati

Diketahui Bimtek tersebut dibuka Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru. Diikuti seluruh Desa Se-Kabupaten Bolsel, Senin (06/12), berlangsung di Hotel Swiss Bell Manado.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Ekafrie Van Gobel melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Darwis Hasan, mengatakan bimtek PBJ yang dilakasanakan sesuai dengan Permendes 7 tahun 2021 tentang program prioritas tahun 2022 bahwa Dana Desa dilaksanakan secara swakelola. Dalam pelaksanaan swakelola desa dapat mengadakan pengadaan barang dan jasa.

Selanjutnya, Darwis menjelaskan, dalam rangka pelaksanaanya maka Kepala Desa, Perangkat dan TPK perlu dilakukan bimtek terkait tata cara pelaksanaannya di Desa.

“Untuk itu telah diatur dalam peraturan LKPP No 12 tahun 2019 tentang pedoman pengadaan barang jasa di Desa. Serta Peraturan Bupati 45 2021 tentang tata cara pengadaan barang jasa di Desa,” jelas Darwis Hasan.

Advertisement

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut dibagi dalam dua gelombang, mulai dari tanggal 5 – 9 Desember

“Gelombang satu Kecamatan Posigadan, Tomini dan Helumo. Sementara Gelombang dua Kecamatan Bolaang Uki, Pinolosian, Pinolosian Timur dan Pinolosian Tengah,” ungkapnya.

Senada disampaikan Camat Tomini Abidin Patilima, Bimtek PBJ yang dilaksanakan manfaatnya banyak bagi Pemerintah Desa. Dimana dalam pengadaan barang dan jasa harus memperhatikan kaidah-kaidah pengadaan.

“Saya berharap aparat desa di wilayah Kecamatan Tomini khususnya dapat mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh,” tutup Abidin Patilima.

Advertorial/Adr

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Disdikbud Bolsel Rapat bersama Calon Guru PPPK

KORDINAT.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan rapat bersama …