Sangadi Biniha Inginkan Pengelolaan Keuangan Desa Terarah dan Sesuai Aturan

Sangadi Biniha Inginkan Pengelolaan Keuangan Desa Terarah dan Sesuai Aturan
Sangadi Biniha Zulkifli Latembo dan jajaran aparat desa bersama Sekretaris Dinas PMD Bolsel. (Foto : Istimewa)

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Biniha, Kecamatan Helumo, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa, Kamis (03/03/2022), di Hotel Aston Manado.

Kegiatan diikuti oleh Sangadi Biniha Zulkifli Latembo, Sekretaris Desa Ahmad Mamonto, Kaur Keuangan Mohamad Pakaya, Risman Biku Kaur Umum dan Perencanaan dan Ketua BPD Sukanto Laselo.

Bimtek yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dibuka langsung Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Advertisement

Sangadi Biniha Zulkifli Latembo, berharap pelaksanaan bimtek Pengelolaan Keuangan Desa bisa meningkatkan lagi kinerja aparat desa dalam melaksanakan tugas.

Menurutnya, Bimtek ini memberikan manfaat bagi aparat desa dalam pengeloaan keuangan.

Advertisement

“Melalui kegiatan ini menambah wawasan kita dalam manajemen kinerja pengelolaan keuangan desa bisa baik dan terarah, sehingga setiap regulasi bisa berjalan sesuai aturan,” ungkap Zulkifli Latembo.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, mengatakan Pengelolaan Keuangan Desa merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan APBDes yang dimana keseluruhan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban.

“Olehnya menjadi syarat mutlak bagi semua unsur Pemerintah Desa (Pemdes) untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman atas pengelolaan keuangan di desa yang dapat memberi manfaat atas peningkatan kapasitas dan kualitas aparat desa,” kata Wabub Deddy saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2022.

Dedy mengungkapkan beberapa regulasi atas pengelolaan Dana Desa juga telah diupayakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan kondisi nasional saat ini dalam rangka pencegahan serta penanganan bencana non alam pandemi covid-19 yang telah memberikan dampak sosial bagi masyarakat cukup signifikan.

“Halinilah yang menjadi pokok pelaksanaan Bimtek yang telah dilaksanakan hari ini, guna memberikan pengetahuan serta wawasan pengelolaan keuangan dan pemanfaatan Dana Desa Kabupaten Bolsel dalam menata desa yang lebih baik dan mandiri sesuai dengan visi gerakan desa membangun,” ungkap Deddy.

Deddy juga meminta para peserta agar mengikuti Bimtek dengan sungguh-sungguh. Terutama dalam Pelaporan dan Pertanggungjawaban harus mengikuti teknis penyusunan yang telah diatur sesuai regulasi.

“Semoga momentum yang baik ini senantiasa membawa semangat dan pengetahuan baru bagi kita dalam membangun daerah serta bertanggung jawab disituasi pandemi covid-19 yang masih berdampak disemua aspek, utamanya pengelolaan keuangan desa,” tutup Hamid.

Diketahui kegiatan ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 7 Maret 2022 yang dibagi dalam 3 Gelombang, diikuti seluruh Desa se-Kabupaten Bolsel.

Ichal/Advertorial
Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

81e82237-1207-4a3a-83b0-bd922a00f829

Sangadi Motolohu Narlis Mohi Salurkan BLT-DD Tahap X dan XI

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Motolohu, Kecamatan Helumo, salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) …