Iskandar Kamaru Tandatangani Piagam ‘Bolsel Nol Buta Aksara’

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru Menandatangani dan membacakan Maklumat Bolsel Nol Buta Aksara, Selasa 12 Desember 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam momentum Peringatan Hari Aksara Internasional ke-58, oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan SPNF SKB Bolsel, berlangsung di Lapangan Futsal, Kompleks Perkantoran Panango.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani, mengatakan Program keaksaraan dan pendidikan non formal merupakan strategi dalam mewujudkan inklusi sosial dan kesetaraan.

Advertisement

“Pendidikan kesetaraan memungkinkan mereka mengejar impian, mengembangkan potensi dalam sistem non formal, disisi lain memberikan peran krusial,” kata Rante.

Rante mengungkapkan, di Kabupaten Bolsel saat ini memiliki 4 lembaga yang mewadahi pendidikan kesetaraan, non formal serta pendidikan keaksaraan, yang terdiri dari 1 SKB dan 3 PKBM.

Advertisement

“Program ini memberikan akses ilmu pengetahuan, keterampilan bagi mereka yang mungkin terbatas oleh berbagai kendala seperti; usia, status sosial dan keterbatasan lainnya,” ungkap Rante.

Sementara itu, Iskandar Kamaru menyampaikan aksara adalah kunci yang membuka pintu menunju pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, dalam era dimana informasi tersebar luas, kemampuan membaca dan menulis menjadi fondasi yang tak tergantikan dalam membangun masyrakat yang terdidik dan terinformasi.

“Inilah saatnya bagi kita untuk bersatu, memperluas jangkauan akses pendidikan dan memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan untuk belajar membaca dan menulis,” ucap Iskandar.

Iskandar membeberkan berdasarkan data dilapangan, warga buta aksara sejumlah 384 orangatau 0,5% dari total jumlah penduduk Bolsel.

Ia menambahkan, melalui kolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan, pemerintah desa dan berbagai pihak terkait, berbagai langkah telah diambil untuk mencapai tujuan peningkatan melek huruf bagi warga masyarakat.

“Langkah-langkah pemerintah daerah adalah; Pendidikan kesetaraan dan non formal, program keaksaraan menuju bolsel nol buta aksara tahun 2023 dan komitmen terus menerus,” jelasnya.

“Saya berharap melalui upaya bersama, kita dapat mencapai tingkat melek huruf yang lebih tinggi di wilayah ini, memberikan kesempatan yang lebih baik bagi semua warga untuk mengakses pendidikan dan mencapai potensi penuh,” imbuhnya.

Ichal

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Tingkatkan SDM dan Ekonomi Daerah, Pemkab Bolsel dan Binus University Jalin Kerjasama 

KORDINAT.ID – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Binus Online …