Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Serahkan DD dan ADD 2024

KORDINAT.ID – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menyerahkan Dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Tahun Anggaran 2024.

Pagu DD dan ADD diserahkan secara simbolis kepada para Sangadi se-Kabupaten Bolsel dalam acara penyerahan yang digelar di Lapangan Futsal, Kawasan Perkantoran Panango, Senin 8 Januari 2024.

Desa-desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mulai menerima kucuran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) untuk Tahun Anggaran 2024.

Advertisement

Bupati Iskandar mengatakan, untuk tahun anggaran 2024, DD yang bersumber dari APBN untuk 81 desa di Bolsel berjumlah kurang lebih Rp. 59,8 milyar, bertambah 0,9% dari jumlah tahun lalu atau sekitar Rp.536 juta.

“Desa yang menjadi penerima DD tertinggi masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Milangodaa Barat, kemudian Momalia Dua di posisi kedua, dan Momalia Satu di posisi ketiga,” kata Iskandar.

Advertisement

Iskandar menambahkan, untuk ADD yang bersumber dari APBD berjumlah Rp. 39,9 milyar, yang mana ini tidak ada perubahan pagu dibanding tahun sebelumnya. Desa yang menjadi penerima ADD tertinggi juga masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Desa Popodu.

“Jadi, jumlah total dana desa dan ADD di Kab. Bolsel pada tahun anggaran 2024 berjumlah kurang lebih Rp.99,8 milyar,” ujar Iskandar.

Iskandar juga berharap agar DD dan ADD tersebut dikelola dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas dari seluruh jajaran pemerintah desa.

Ia pun mengingatkan bahwa per Januari 2024 desa sudah secara penuh menggunakan Siskeudes online.

“Sistem ini menuntut ketepatan dan kecepatan karena pencatatannya sudah digital, dan dipantau oleh banyak pihak termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” tegasnya.

Ichal/Advertorial

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

DPRD Bolsel Bahas Ranperda dan Ranperbup Pertanggungjawaban APBD 2023

KORDINAT.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongndow Selatan (Bolsel) melaksanakan rapat paripurna tingkat …