Pemdes Tolondadu I Laksanakan Penimbunan Jalan Usaha Tani

KORDINAT.ID – Dalam upaya peningkatan perekonomian petani, Pemerintah Desa Tolondadu I, melaksanakan realisasi anggaran pembangunan jalan usaha tani sepanjang 600 meter.

Hal ini diungkapkan Sangadi (Kepala Desa) Tolondadu I Bobi Nupulo kepada media, Selasa 16 April 2024.

Menurutnya, hasil bumi yang begitu banyak, harus didukung dengan akses jalan, yang dapat menyentuh langsung ke lahan pertanian.

Advertisement

“Sehingga memudahkan para petani, dalam mengakomodasi hasil pertanian, dan akhirnybjuga akan mengurangi biaya transportasi,” ucap Bobi.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Tolondadu I Usaman Kumedi mengatakan, program penimbunan jalan usaha tani ini, sejalan dengan 7 isu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

Advertisement

Menurut Kumedi, dasar hukum penyusunan APBDes Tolondadu I sudah sesuai dengan amanat Permendesa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, serta PP No. 60 Tahun 2014 dan PP No. 22 Tahun 2015.

“Untuk itu, Dana Desa fokus untuk memperkuat kebijakan fiskal nasional, dalam menanagani kemiskinan ekstrem, stunting, dan inflasi di tingkat desa,” ungkapannya.

Lebih jauh, Sekdes Tolondadu I menegaskan, Dana Desa sebagai bentuk rekognisi negara terhadap Desa harus dimaknai sebagai stimulan untuk mengkapitalisasi Desa, dalam mengembangkan potensi dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

“Agar petani di desa naik kelas, tugas Pemdes memfasilitasi semua kebutuhan dasar yang butuh masyarakat, termasuk akses jalan usaha tani,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Adapun 7 isu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2024 tersebut adalah (1) Pengentasan kemiskinan ekstrem, (2) Intervensi percepatan eliminasi TBC, (3) Ketahanan pangan nabatai dan hewani (4) Pencegahan narkoba, (5) Penurunan stunting, (6) Dana oeperasional pemerintah Desa, dan (7) Optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Ichal

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Pemdes Tolondadu I Ikuti Evaluasi Realisasi APBDes 2023

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolondadu I, melaksanakan evaluasi realisasi pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2023 …