Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas di PAUD, Kadis Dikbud Bolmut Sebut Peran Strategis

 

KORDINAT.ID, Bolmut – Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan masa depan anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Sulha Mokodompis disela-sela kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Senin (11-10-2021).

Advertisement

Bimtek yang di pusatkan di Cafe Coconut Beach, Kecamatan Kaidipang itu diikuti sebanyak 20 peserta, dan 5 panitia, 2 narasumber lokal, serta menghadirkan 1 narasumber dari Provinsi.

Diketahui, Bimtek tersebut mengangkat judul; pengelolaan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD bagi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kabupaten Bolmut.

“PAUD berkualitas adalah satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi agar anak berkembang utuh”, ujar Kadis Dikbud Sulha Mokodompis.

Advertisement

Menurut Sulha, perlu adanya kesamaan visi mengenai PAUD berkualitas, adalah untuk memastikan agar seluruh pihak bergerak kearah yang sama, maka perlu ada penjabaran apa yang dimaksud dengan PAUD berkualitas.

“Pertama, memahami apa yang dimaskud dengan PAUD berkualitas, kemudian mengindentifikasi langkah kongkrit yang perlu diambil untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas, serta bergerak dan merefleksi diri secara berkesinambungan sesuai visi yang disepakati”, ungkapnya.

Lebih lanjut Sulha menguraikan, sebagai pendidik PAUD yang berkualifikasi, dirinya yakin dan percaya para peserta mampu mewujudkan lingkungan belajar yang berkualitas di satuan PAUD masing-masing wilayah.

“Demikian tujuan dilaksanakan Bimtek selama 2 hari kedepan adalah untuk memberikan penguatan dan edukasi serta paradigma baru seperti apa lingkungan belajar berkualitas dan bagaimana cara untuk mewujudkannya”, jelasnya.

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi dari Kepala Bidang dan Dikmas Hilda Potabuga.

Diketahui, salah satu metari yang dibawakan adalah mengenai pencegahan dampak hilangnya belajar selama pandemi Covid-19 pada usia dini.

(svg)

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Pemdes Tolondadu I Realisasi Pekerjaan Pembangunan Pagar PAUD

KORDINAT.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Tolondadu I, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), …