Resmi Membuka Kegiatan Pendidikan Perkoperasian, Sekda Paparkan UU No 25 Tahun 1992

KORDINAT.ID, Bolmut – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut, Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.SI membuka secara resmi kegiatan pendidikan dan pelatihan perkoperasian bagi pengurus koperasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Bolmut, Rabu (17/11/2021).

Dalam sambutannya yang mewakili Bupati Bolmut, Sekda memaparkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992, tentang perkoperasian.

“Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar pada asas kekeluargaan,” ucap Sekda.

Advertisement

Menurutnya, salah satu fungsi dan peran koperasi adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

“Tentu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya, sehingga koperasi merupakan wadah bagi masyarakat yang memiliki semangat kebersamaan, semangat gotong royong untuk maju bersama, sebagaimana yang digelorakan oleh Bung Hatta (Bapak Koperasi Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya, dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif, serta masuknya era Globalisasi juga Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pengembangan SDM koperasi menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten selalu dilakukan oleh Pemerintah.

Advertisement

“Karena sektor ini diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi,” harapnya.

Diakhir penyampaiannya, Sekda menyampaikan tiga poin penting bagi pengurus, pengawas dan anggota koperasi di Daerah Bolmut, Diantaranya:

Pertama, jadikan koperasi sebagai garda terdepan pengembangan kegiatan usaha mikro dan dapat merangkul semua elemen masyarakat.

Kedua, mendorong pengembangan koperasi sebagai wadah bagi pengembangan usaha mikro dalam rangka peningkatan posisi tawarnya serta meningkatkan kualitas kelembagaannya.

“Ketiga, mendorong penerapan akuntabilitas yang berkaitan erat dengan citra koperasi dan kepercayaan masyarakat untuk memilih koperasi sebagai lembaga yang mampu meningkatkan taraf hidupnya,” tutupnya.

Svg

Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Resmi Dilantik Sebagai Sekda Bolmut, Ini Profil Jusnan Mokoginta

KORDINAT.ID – Bupati Bolmut Depri Pontoh, resmi melantik pejabat definitif Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut, …