Limi Mokodompit Lepas Peserta KKN IAIK di Kecamatan Lolayan

b942d246-14a9-4135-b890-1555786bce58
Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit didampingi Rektor IAIK bersama Peserta KKN, Selasa 26 Juli 2022. (Foto : Istimewa)

KORDINAT.ID – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, melakukan pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Kotamobagu (IAIK) Tahun 2022 di Kecamatan Lolayan, dirangkaikan dengan Kuliah Umum dan Penyematan Warga Kehormatan Adat Bolmong kepada Hadi pandunata dan keluarga.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Kotamobagu itu bertajuk “Sinergitas Menumbuhkan Kekuatan Menuju Perguruan Tinggi yang Bermutu”.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan Peletakan Batu Pertama pembangunan kampus terpadu IAIK, Selasa 26 Juli 2022, di Desa Bungko.

Advertisement

Dalam sambutannya, Limi Mokodompit menyampaikan terimakasih kepada Rektor dan seluruh jajaran civitas akademika IAIK yang telah mempercayakan dan memilih Kabupaten Bolmong, khususnya Kecamatan Lolayan, sebagai tempat bagi mahasiswanya dalam melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“KKN sebagai salah satu terwujudnya tri darma perguruan tinggi bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan kepada mahasiswa sebelum menyelesaikan studi, tetapi lebih dari itu KKN mempunyai nilai yang sangat penting dan strategis dengan tujuan memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat sekaligus memberikan bekal bagi mahasiswa dalam menerapkan disiplin ilmunya ditengah-tengah masyarakat,” ucap Limi Mokodompit.

Advertisement

Menurut Limi, di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi dan informasi serta sumber daya yang semakin pesat, menuntut setiap orang untuk dapat meningkatkan SDM yang dimiliki, salah satunya di bidang pendidikan

“Sehingganya IAIK harus menjadi salah satu lembaga perguruan tinggi yang memiliki peran penting dan strategis dalam menciptakan alumninya sesuai dengan kapasitas, kapabilitas, kompetensi dan disiplin ilmu yang berkualitas,” ujar Limi.

Limi Mokodompit juga menilai KKN merupakan satu kegiatan yeng meberikan manfaat ganda, baik untuk kepentingan mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan persoalan lokal maupun regional, sehingga dapat meningkatkan kedewasaan berpikir bagi adik-adik mahasiswa melalui interaksi sosial secara langsung dengan masyarakat dan peserta didik.

“Adik-adik mahasiswa akan berkecimpun dengan masyarakat, banyak hal yang akan ditemukan mengenai pola kehidupan sekitar yang mungkin sebagian dari realita yang ada tidak pernah adik-adik jumpai dalam kehidupan kampus, oleh karenannya pahami dan pelajari semua bentuk kerifan lokal dilokasi KKN, dengan menggunakan komunikasi yang tepat dan santun serta terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan,” jelas Limi.

Selanjutnya, Limi juga meminta kepada Camat Lolayan agar dapat memonitor dan membantu program kerja dari mahasiswa, sehingga dapat diselesaikan dengan baik sebagaimana yang diharapkan.

Ia pun berharap Rektor dan jajaran IAIK agar tetap mempercayakan dan memilih Kabupaten Bolmong sebagai tempat bagi mahasiswa dalam melaksanakan KKN, bukan hanya di tahun 2022 ini tetapi juga ditahun selanjutnya, karena Pemkab Bolmong sangat mebutuhkan mahasiswa dalam melaksanakan KKN di daerah ini.

“Saya mengajak kepada mahasiswa KKN setelah selesai menyelesaikan studi agar dapat mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk Kabupaten Bolmong karena daerah ini sangat membutuhkan SDM yang handal seperti yang dimiliki oleh IAIK,” imbuhnya.

Adr
Advertisement

Advertisement

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Dituding Miring, Ini Klarifikasi Pihak PT. DIVAINDO Sulawesi Raya terkait Pembayaran Gaji dan THR

Kordinat.id – Belum lama ini PT. DIVAINDO Sulawesi Raya Gorontalo diduga mendapatkan tudingan miring dari …